Thursday, September 13, 2012

AGRI FM 1: Pre history alias sebelum masehi alias sebelum on air

Penulis: Jodi Heru Iswanto

Tanpa ingin pingin dikenal, tetapi sekedar meretas jaringan benang yang mungkin mulai melapuk tentang asal muasal Agri FM mungkin ada sambungannya.

Mungkin juga Sony Ndut tidak pernah menyampaikan "ketidak berhasilan" pioner Agri FM (IPB FM) yang sebenarnya dirintis sejak 1993 tidak terwujud secara manis.

Masuknya putra mBak Tutut ke IPB yang saat itu menjabat ketua PRRSNI juga ada andil. (walau akhirnya gak jadi kuliah di IPB).

Tahun2 tersebut merupakan perjuangan awal membangun radio di dalam kampus IPB Br Siang. Dengan peralatan yang sangat minim dan harus merakit bagian demi bagian peralatan. Dari blusukan ke Glodok hingga Genteng Kali - Surabaya akhirnya alat tersebut bisa diujicobakan.

Akhirnya "volunteer-2" yang disebut sebagai "REMBOL" (kere nggrobol) mulai beraksi. Bermodal motor pinjeman kita ngecek daya pancar. Bermodal kaset-2 pinjeman kami puter lagu-2 metal. Bermodal suara medok jawa kami dicaci pendengar. Bermodal antena seadanya kami didatangi warga Malabar. Bermodal siaran nekat tanpa konsep (boro2 bisa siaran lha biasanya cuman ngomong di interkom Asrama Putri IPB Br siang). Bahkan tanpa modal.... kecuali semangat.

Dan kisah suka dukanya hanya tersimpan di dalam hati kami. Jika upaya kami hanya menyisakan serpihan PCB-2 yang rusak, potongan kabel coaxsial, bau terpentin dari panasnya solder kamipun juga sudah cukup bangga dengan kreasi tersebut.

Terima kasih juga kepada DMC (Mas Sys NS) atas pinjaman RVR-nya, buat Om-nya Sony yang ngajar di ITS (Surabaya), Anen Kurawa dari Radio Pakuan.

Dan teman-teman seperjuangan REMBOL (Sony/Ndut, Teguh/TG, Bondan/Abon, Anis/Kentus, Darmi/Amie, dan yang tidak bisa disebut satu per satu).

Teruskan Perjuangan, Bebaskan Kreasimu....

No comments:

Post a Comment

 
Business Logo design

Hit Counter