Thursday, September 13, 2012

AGRI FM 3: Agri FM 1998 - 2000


Kisah di bawah ini adalah kisah kronologis, kisah ini terjadi diantara tahun 1998 – 2000 di lantai dasar gedung GMK baranang siang, merupakan missing link dari kisah yang sudah diceritakan yefri dan irfan sebagai penguasa Agri FM di jamannya. Semua nama, tokoh dan dan tempat yang tersebut dalam cerita ini sengaja tidak disamarkan untuk tidak melindungi privasi dari masing-masing yang terlibat di dalamnya.

Awal 98 adalah waktu yg bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia, karena selain tahun ini adalah momentum penting bagi bangkitnya reformasi di Indonesia, juga bagi bangkitnya (kembali) sebuah radio kampus yang sangat berpengaruh bagi kehidupan bangsa dan negara ini. Setidaknya sangat berpengaruh bagi gue dan beberapa orang yang terlibat langsung maupun tidak langsung di dalamnya.

Skip basa-basi, di awal tahun 98 gue dan yefri mendapat project penunjukan langsung dari pemerintah (dalam hal ini diwakili oleh faperta IPB) untuk kembali membangkitkan Agri FM yang diberangus secara semena-mena di tahun 1995 oleh pemerintah juga (diwakili oleh badan regulasi gelombang radio FM dirjen Postel). Alasan project penunjukan ini bukan didasari oleh adanya hubungan kekerabatan antara kami dgn pemerintah maupun adanya upaya sogok-menyogok antara kedua belah pihak sebagaimana yang lazim terjadi dalam project penunjukan yang lain. Tapi lebih dikarenakan kami adalah 2 orang pengangguran ngga jelas di kampus yang selalu luntang lantung di DPR. Yefri karena skripsi yang males dikerjain dan gue karena sedang mengalami masa transisi identitas diri (biasa laaah… anak muda, hehe)

Untuk mensukseskan tugas mulia ini, yefri dan gue bekerjasama dengan bobi dan emi. Kami menjadi konsorsium kebangkitan kembali Agri FM. Tugas kami pada waktu itu sebenarnya terbatas, hanya mempersiapkan crew untuk Agri FM yang akan dibuat sebagai radio swasta independen milik faperta. Jadi, ketika radio itu sudah memiliki izin bisa langsung mengudara dengan crew yang sudah matang (mungkin maksudnya ketika berusia setengah baya, hahahaha).

Karena ijin siaran tidak mudah didapatkan dan pihak pemerintah sendiri males berhubungan dengan instansi yg terkait, kami memutuskan untuk mengusahakan supaya bisa on-air dengan swadaya (maksudnya 5 watt daya) Kami bisa mengudara (lagi) di tahun 98 dengan bantuan yosef (lebih jelas mengenai beliau ada di tulisan sdr yefri) kalo ngga salah di bulan september dengan daya 5 watt dan daya jangkau cukup jauh, kalau ngga salah sih sampai internusa udah kresek kresek. Dengan adanya bona yg memiliki determinasi teknis sangat kuat, makin lama siaran Agri FM makin jauh hingga bisa di denger sama anak2 di darmaga.

Untuk persiapan pembuatan radio swasta Agri FM (yang sampai saat ini ternyata ngga jadi swasta juga), kami melakukan recruitment dan pencarian duit dengan kedok pelatihan siaran. Didapat 10 orang korban yang berhasil kita bo’ongin, wisnu gendut, riza, rifky maruk, wardheny, resda, cinta, ade cowok, sherly, rein dan nendy. Kita siaran pake kedok RCB FM, selain untuk menghindari nama jelek jika kembali diberangus aparat, juga untuk menyenangkan salah satu penanam modal pada waktu, sdr yosef.
Pendengar Agri FM makin lama makin banyak. Mungkin mereka haus akan hiburan berkualitas yang tidak bisa diakomodir oleh media lain yang isinya cuma berita demo, pendengar kita mencakup mahasiswa IPB (kalo ngga denger Agri dan request di DPR pada waktu itu dianggap ngga gaul) dan masyarakat umum (diketahui kemudian salah satu temen gue di Mustang adalah pendengar setia Agri FM, rumahnya deket kampus Baranang Siang).

Untuk meningkatkan kualitas on air dan off air, kita bikin recruitment gelombang 2. Didapat 5 orang penyiar muda berbakat, wishnu mahradika, melly, aya, icha, pepet dan 3 orang crew untuk non siaran, asep, pentul, itunk.

Gue lupa kapan tepatnya kita berhenti berkamuflase dari RCB FM dan kembali memproklamirkan diri sebagai Agri FM The Voice of Agriculture. Yang pasti akhirnya kita siaran lagi sebagai Agri FM dari pagi sampai tengah malam di gelombang 93,2 FM.

Semakin tinggi sebuah pohon, angin menerpa semakin banyak dong. Peningkatan kualitas kita diikuti dengan banyaknya minat dari radio sebelah yang mulai melirik bakat2 baru di sekolah siaran terhebat ini. Dimulai dengan emi yang hijrah ke ramako, tidak sampai hitungan bulan yefri membuat sebuah gebrakan dengan eksodus membawa 6 orang anak baru pada waktu itu, wardheni, cinta, rein, aya, melly dan ade ditambah 2 orang lama bembem dan ato.

Praktis gue ditinggal sendirian untuk ngurus Agri FM, karena bobi sebagai pacar yang setia lebih sering nongkrong di pro 2 untuk mendampingi cinta. Sebagai satu-satunya senior yang tertinggal buat ngurusin Agri FM secara intensif, gue secara resmi menjadi station manager ke-4 Agri FM dengan kekuasaan internal yang nyaris tanpa batas. Gue lama-lama berubah menjadi diktator yang kejam terhadap para penyiar yang jelek, hahahaha.

Gue bikin lagi recruitment yang menghasilkan 12 orang anak nongkrong baru di Agri FM. Andifai, boim, jerry, james, ayu, andre, ade tatum, jihan, andini, westri, indah, rinto dan 1 orang yg sampai saat ini gue lupa namanya, tinggi, kurus, berkaca mata & sekolah di australi, ada yg inget?

Selama berjalan di bawah kediktatoran gue dari 1998 – 2000, Agri FM tentunya tidak hanya berisi orang2 dari recruitment. Yayuk, irfan, harry, tito, bona adalah peninggalan Agri FM lama dan gamal, eko, agna, alex, uli, dan fermana tercatat sebagai para penongkrong sejati. Selain mereka masih banyak orang-orang datang dan pergi bagaikan angin lalu.

Selain bersenang-senang yang menjadi agenda harian Agri FM, di dalamnya terjadi proses belajar mengajar di segala bidang. Mulai dari siaran, materi siaran, musik, psikologi, management, recruitment, intrik, politik, kecurangan, cinta, koneksi dan sebagainya. Masing-masing orang tentunya mendapat manfaat sesuai dengan kadar nongkrong yang dilakukan biarpun tidak selalu berbanding lurus.

Salah satu prestasi yang perlu dicatat adalah pengaruh Agri FM pada waktu itu terhadap perkembangan dunia gaul IPB. Buat yg ngalamin masa2 itu terutama angkatan 33-35, kayaknya ngga keren kalo kalian anak IPB tapi ngga ada hubungan sama Agri FM. Seenggaknya absen di acara DPR deh. DPR sendiri adalah anomali yang hebat di Agri FM. Acaranya ngga jelas, penyiar yang ngomong seenak jidat dan lagu yg diputer tergantung mood penyiar (tentunya dengan alasan request, hehe) tapi rating pendengarnya nomor 1 sepanjang sejarah Agri FM.

Kalau mau cerita tentang Agri FM, gue yakin halaman ini ngga bakal cukup. Salah satu yang berkesan buat gue adalah acara Agri Filsafat, acara yg bikin kita semakin dipuja kaum hedonis dan dimusuhi golongan 'kanan'. Seandainya mereka punya kekuasaan pastinya mereka sudah memberangus Agri FM, hahahaha. Sayang sekali posisi dan koneksi kita pada waktu itu sudah cukup kuat, jadinya mereka cuma bisa ngomel panjang pendek.

Gue akhirnya meluluskan diri dari Agri FM di pertengahan tahun 2000 dan hijrah ke radio MGT FM Bandung. Diktator selanjutnya adalah irfan yang sampai saat ini masih menjadi penguasa tunggal dengan kekuasaan yang mendekati kekuasaan tuhan di radio kampus terhebat yang gue tau.

Portofolio lulusan Agri FM 98 – 2000 (yg dicatat hanya portofolio di media dan yg gue tau doang ye, yg ngga ketulis jangan marah)
Yefri : Kisi FM, Pro2 FM Bogor, Pas FM Jakarta, Ramako FM Jakarta, Tempo
Emi : Ramako FM Jakarta, Lativi
Daniel : MGT FM Bandung, Star FM Tangerang, Mustang FM Jakarta, SCTV
Andi Faisal : MGT FM Bandung, HardRock FM Jakarta, Astro TV
Wardheni : Pro 2 Bogor, I radio Jakarta, Cosmopolitan FM Jakarta
Cinta : Pro 2 FM Bogor
Ade : Pro 2 FM Bogor
Rein : Pro 2 FM Bogor
Melly : Pro 2 FM Bogor
Aya : Pro 2 FM Bogor
Jerry : Radio A Jakarta, Kompas group
Boim : I Radio Jakarta
Westri : Trans TV
Indah : Pro 2 FM Bogor

Lebih jelasnya list team Agri FM 1998 – 2000
Angkatan 1: wisnu besar, riza, rifki maruk, wardheny, resda, cinta, ade cowok, sherly, rein, nendy
Angkatan 2: wishnu kecil, melly, aya, icha, pepet + non siaran: asep, pentul, itunk
Angkatan 3: andi faisal, boim, andini, jerry, james, ayu, andre, ade tatum, jeihan, westri, indah, rinto + 1 orang yg gue lupa namanya
Non rekrutment: gamal, eko, agna, alex, uli, fermana,
Peninggalan Agri FM sebelum 98: bembem, ato, salfi, yayuk, irfan, harry, tito, bona,
CEO agri 1998-2000: emi, yefri, bobi, daniel

Kalau ada yang kurang atau salah, silakan ditambah atau dikoreksi dan saya mohon maaf untuk selama lamanya


Daniel Cassidy
Station Manager Agri FM ke-4
Diktator Agri FM 1998-2000 yang dibenci sekaligus dicintai crew dan pendengarnya

No comments:

Post a Comment

 
Business Logo design

Hit Counter