Friday, July 22, 2011

Jadi Produser album (lagi)

Ayah saya pernah menjadi produser rekaman. Album-album yang beliau hasilkan juga bukan album 'asal lewat' seperti banyak album rekaman sekarang ini (Eh jaman dulu juga banyak sih album yg 'asal lewat' ;-p) Tidaklah heran kalau akhirnya saya juga menjadi seorang produser rekaman. Walaupun profesi ini belum saya tekuni dengan maksimal :D.

Tahun 2010 debut saya menjadi produser rekaman dgn album I Love Indonesia dari Ten2Five. Apakah album tersebut sukses? Kalau dari kacamata saya sih iya :). Album itu udah laku dan habis terjual bahkan sebelum diproduksi, hebat kan saya? hahahaha

Menjadi produser rekaman bukanlah pekerjaan mudah, apalagi produser untuk album musik. Seorang produser rekaman harus sudah tau seperti apa hasil akhir dari album yg akan dibuat bahkan sebelum artisnya masuk ke studio. Absurd? Untuk yg belum pernah mengalami tentunya akan berpendapat begitu :D.

Produser rekaman album adalah orang yg menentukan garis besar haluan album tersebut. Apa tujuan album dibuat, konsep dasarnya spt apa, apa saja konten yg ada di dalamnya, kemasannya seperti apa dan akan dijual kemana album tersebut. Bahkan produser juga sudah tahu kira-kira album tersebut akan laku atau hanya akan menjadi produk yg 'asal lewat'. Dia harus bekerja dari hulu sampai hilir. Tidak heran kalau Produser adalah 'Dewa' dari album rekaman tersebut.

Apakah produser adalah orang yg membiayai pembuatan album? Tidak selalu seperti itu, kalau menurut saya sih seharusnya bukan untuk menghindari penilaian yg tidak objektif. Tapi banyak juga orang yang mau menjadi produser sekaligus pemodal dari pembuatan album. Pemodal album biasanya disebut Executive Producer.

Kriteria apa sih yang membuat seseorang layak menjadi Produser Rekaman terutama album musik? Dia haruslah seseorang yang mengerti perkembangan dunia musik (dimata penggemar) dan industri musik (dimata pelaku), setidaknya dalam 5 tahun terakhir. Supaya dia bisa memprediksi tingkat kesuksesan albumnya. Selain berpengalaman minimal 5 tahun, dia juga harus nice personality, hard working, has analytic skill, good networking, male/female 27-40 years old, good looking, charming, trust worthy, single..... loh loh.... ko' jadi lowongan kerja?

Sekarang saya sedang menjadi produser untuk yang kedua kalinya. Doakan sukses yaa :D

No comments:

Post a Comment

 
Business Logo design

Hit Counter