Friday, March 12, 2010

Jadi musisi atau jadi artis?

Benarkah artis baru yang semakin hari semakin banyak bermunculan memang berusaha menjadi musisi? Benarkah industri musik kita berusaha menghasilkan musisi handal & berkualitas? Sejauh yang saya alami beberapa tahun terakhir, jawabannya masih tidak.

Banyak anak baru yang mau jadi artis yang sudah menemui saya. Pada awalnya mereka akan bercerita tentang konsep musik, image dll. Tapi ketika saya kasih pilihan, mau pilih popularitas dan uang atau karya seni, pada umumnya akan memilih popularitas dan uang. Karena bikin musik kan butuh biaya dan kebutuhan perut tidak bisa ditunda sampai besok kan? Selain itu, industri musik juga lebih memilih musisi yang bisa menghasilkan uang daripada yang menghasilkan karya yang luar biasa (dari segi musikalitas tentunya)

Jadi pada dasarnya dunia musik kita (atau mungkin di seluruh dunia?) lebih memilih untuk menghasilkan bintang dibanding menghasilkan musisi. Like it or not, that's the fact. Idealisme boleh lah mundur dulu ke belakang sampai bisa menghasilkan uang yang cukup. Standar cukup adalah sebuah nilai yang sangat relatif. Pada akhirnya idealisme adalah sebuah konsep yang ..... nanti dulu ya.

2 comments:

  1. cukup realistis sih, Gan...
    Bitter, but true hehe..

    ReplyDelete
  2. hi man.. please look at reality.. this is industry.. business.. a lot of money... what do you mean by that?

    ReplyDelete

 
Business Logo design

Hit Counter